Rabu, 13 Mei 2015



Apakah benar kayu memuai saat dingin?
Oleh : Ayati Sapta Utami, S.Si

Saat musim hujan tiba, pintu dan jendela yang terbuat dari kayu menjadi sesak dan susah dibuka ataupun ditutup. Padahal pada umumnya, benda atau zat padat akan memuai atau mengembang jika dipanaskan dan menyusut jika didinginkan. Pemuaian dan penyusutan itu terjadi pada semua bagian benda, yaitu panjang, lebar, dan tebal benda tersebut. Jika benda padat dipanaskan, suhunya akan naik. Pada suhu yang tinggi, atom dan molekul penyusun zat tersebut akan bergetar lebih cepat dari biasanya sehingga zat tersebut akan memuai ke segala arah.
Setiap zat terdiri atas partikel - partikel yang masih memiliki sifat zat tersebut. Pada logam, letak partikel-partikelnya sangat rapat dan berdekatan sehingga dapat dirasakan akibat dari perubahan yang terjadi pada partikel-partikelnya. Partikel logam umumnya adalah atom logam tersebut karena logam umumnya berada dalam keadaan bebasnya di alam. Gerakan atom-atom logam yang semakin cepat memungkinkan daerah pergerakannya semakin besar sehingga pertambahan ukurannya dapat dirasakan walaupun harus dengan menggunakan alat ukur.
Berbeda dengan kayu yang terdiri dari sel-sel yang tersusun atas campuran berbagai molekul. Hal tersebut memungkinkan letak partikel yang tidak teratur dan memiliki celah, sehingga perubahan-perubahan yang diakibatkan oleh pergerakan partikel tidak dapat dirasakan.
Pada pemuaian, bertambahnya ukuran disebabkan karena gerakan partikel yang semakin cepat, bukan karena bertambahnya jumlah partikel. Pemanasan atau pendinginan tidak dapat menambah atau mengurangi jumlah partikel zat, karena pada pemanasan atau pendinginan hanya terjadi perpindahan kalor. Kalor bukanlah zat tapi suatu bentuk energy.
Kayu dapat menyerap air dengan baik melalui celah-celah. Saat musim hujan dimana kadar uap air di udara tinggi, kayu pun memiliki kadar air yang tinggi. Begitu juga sebaliknya, pada musim kemarau dimana kadar uap air di udara rendah, maka uap-uap air yang ada dikayu juga ikut menuap. Jadi kayu yang mengembang bukan karena pemuaian tapi karena kadar air yang tinggi pada musim hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar